Sahabatku pUnkmore

Sahabatku pUnkmore
saHabat untuk sLamanya

Rabu, 12 Oktober 2011

BBLR(Bayi Berat Lahir Rendah)

BBLR (bayi dengan berat lahir rendah)

Bayi dengan berat lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari 2000 gram. terdiri dari bayi dengan KMK (Kecil untuk masa kehamilan)dan bayi SMK (sesuai dengan masa kehamilan)

Bayi SMK (sesuai dengan masa kehamilan)yang lahir terlalu cepat dari standar normal(kurang dari 37 minggu/preterm). Sering juga disebut dengan bayipremature.

Bayi KMK Adalah bayi dengan gangguan pertumbuhan di dalam uterus. Beberapa istilah juga digunakan, antara lain pseudopremature, dysmature, small for dates, SGA, IUGR, chronic fetal distress, fetal malnutrition syndrome.



Kasus BBLR memiliki dua bentuk:
1.Proporsional: lingkar kepala, panjang badan, dan berat dalam proporsi yang seimbang, tetapi keseluruhannya masih di bawah masa gestasi yang sebenarnya. Distress terjadi dalam jangka waktu yang lama, berbulan-bulan sebelum bayi lahir.

2.Disproporsional: panjang badan dan lingkar kepala dalam ukuran yang normal, tetapi berta badan masih di bawah masa gestasi (tidak proporsional dengan panjang badan). Distress terjadi beberapa minggu sampai beberapa hari sebelum bayi lahir.

Etiologi:
1.Faktor ibu:hipertensi, penyakit kronik, perokok, toksemia, hipoksia, gizi buruk, drug, alkohol
2.Faktor internal uterus dan plasenta: kelainan pembuluh darah, inseri plasenta abnorma, infark plasenta, uterus bikornis, transfusi dari kembar, sebagian plasenta lepas
3.Faktor janin: ganda, kelainan kromosom, cacat bawaan, infeksi,
4.Lingkungan: sosial ekonomi,
5.Tidak diketahui



Komplikasi:
1.Aspirasi mekonium dan Pneumothoraks
2.Hipoglikemia
3.Asfiksia neonatorum
4.Hipotermi
5.Cacat bawaan

Penata laksanaan
Pada dasarnya sama dengan penanganan bayi pada umumnya, namun perlu diperhatikan:
1.Bayi lebih banyak membutuhkan kalori
2.Tracheal washing pada bayi yang diduga akan menderita aspirasi mekonium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar